II

Engsel Laptop Rusak: Sebuah Panduan Lengkap

Engsel laptop adalah komponen penting yang menghubungkan layar dan keyboard laptop. Sayangnya, engsel laptop sering kali rusak atau patah, yang bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari layar yang tidak bisa dibuka atau ditutup dengan baik, casing laptop retak atau pecah, hingga kabel fleksibel terputus atau korsleting.


Penyebab Engsel Laptop Rusak



Ada beberapa penyebab umum kerusakan pada engsel laptop, antara lain:

1. Usia engsel yang sudah tua: Seperti halnya komponen lainnya, engsel laptop juga memiliki masa pakai. Seiring waktu, engsel bisa menjadi lemah dan akhirnya patah.
2. Kualitas engsel yang buruk: Engsel yang dibuat dari bahan berkualitas rendah cenderung lebih mudah rusak.
3. Cara membuka dan menutup laptop yang salah: Membuka atau menutup laptop dengan kasar bisa merusak engsel.
4. Laptop terbanting atau jatuh: Insiden seperti ini bisa menyebabkan kerusakan fisik pada engsel.
5. Dudukan engsel rusak: Jika dudukan engsel rusak, maka engsel tidak akan dapat berfungsi dengan baik.


Jawaban untuk Engsel Laptop Rusak



Jika Anda menghadapi masalah dengan engsel laptop, berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba:

1. Mengganti engsel baru: Jika engsel sudah patah atau rusak parah, solusi terbaik mungkin adalah menggantinya dengan yang baru. 

2. Membersihkan Engsel: Saya jarang  sekali menemukan engsel yang patah karena bahan engsel yang cukup kuat. Terkadang Engsel terasa seret/kaku. Penyebabnya adalah debu yang menempel pada bagian engsel sehingga enggel menjadi kaku. Cukup bongkar dan bersihkan bagian tersebut lalu kendurkan. 
3. Memperbaiki dudukan engsel: Jika dudukan engsel rusak, Anda mungkin perlu memperbaikinya agar engsel dapat berfungsi dengan baik lagi. Engsel memiliki 2 sayap. Bagian yang menempel di body casing bawah atau bagian Layar. Disini teman-teman harus pastikan, jika dibagian layar, maka jangan sampai layar menjadi retak karena kesalahan dalam pembongkaran dan pemasangan ya

Ingatlah bahwa perbaikan hardware seperti ini bisa cukup rumit dan berisiko. Jika Anda tidak yakin tentang melakukan perbaikan sendiri, selalu disarankan untuk mencari bantuan profesional.

---

Semoga artikel ini membantu Anda dalam menangani masalah engsel laptop yang rusak! Selalu ingat untuk merawat laptop Anda dengan baik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Selamat mencoba!

WA TEAM


di dalam Blog Voltera
Masuk untuk meninggalkan komentar