II

Kenapa Laptop Tidak Bisa Menyala? Ini 10 Alasannya

Snippet Dinamis Anda akan ditampilkan di sini... Pesan ini ditampilkan karena Anda tidak menyediakan filter dan templat untuk digunakan.


Kenapa Laptop Tidak Bisa Menyala


Dengan Pengalaman 20 tahun, saya bisa jelaskan dengan singkat. Tapi saya harus melakukan interview terlebih dahulu sebelumnya. Karena banyaknya komponen yang berpengaruh dalam proses penyalaan Laptop. Tapi ini 10 alasan kenapa laptop tidak bisa menyala. Alasan ini akan mudah diterangkan. Basicly hanya ada 2 penyebab. Hardware dan Software. Saya tidak akan berlama-lama. Kita langsung to the point saja ya.

Ketika laptop kamu tidak bisa menyala, ini yang harus kamu cek dengan seksama:

Masalah Perangkat Keras (Hardware)


Baterai Rusak: 

Baterai yang sudah usang, bocor, atau tidak terisi daya dengan baik dapat menyebabkan laptop tidak bisa menyala.Kalau masalah di baterai, coba kamu gunakan charger. Jika bisa menyala dengan charger, maka ada gangguan dengan baterai kamu. Simple. Coba step ini dulu. Jika belum berhasil, mari lanjut ke step berikutnya.


Kerusakan Adaptor atau Charger: 

Adaptor atau charger yang rusak atau tidak kompatibel dapat menyebabkan laptop tidak menerima daya yang cukup untuk menyala. Banyak orang gak punya cadangan adaptor, jadi cara termudah adalah numpang ngetes pakai adaptor orang lain. Jika gak punya kenalan yang chargernya sama. Kalau kamu tinggal dekat daerah Gading serpong, Coba hub Nomor ini. Mereka punya banyak charger untuk kamu pakai.


Kerusakan RAM: 

RAM yang rusak dapat menyebabkan laptop tidak bisa booting atau menampilkan layar biru. Taukah kamu kalau 70% laptop tidak bisa menyala karena masalah RAM. Coba saja bongkar laptopmu, dan copot pasang RAMnya dulu. Bersihkan RAM anda lalu coba pasang kembali. Pastikan RAM anda terpasang dengan baik ya

Kerusakan Kipas Pendingin: 

Kipas pendingin yang rusak dapat menyebabkan laptop overheating dan mati secara otomatis.
Kondisi mati seperti ini memang dirancang oleh system untuk tidak merusak komponen lain akibat panas berlebih. Jauh lebih baik untuk menunggu adem dulu, baru coba nyalakan kembali.

Kerusakan Motherboard

Aduh,, ini nih. Motherboard adalah komponen utama laptop yang menghubungkan semua komponen lainnya. Jika motherboard rusak, laptop tidak akan bisa menyala. Kasus umum yang terjadi adalah chip powernya rusak. Ini yang paling parah. Tapi jangan dulu merasa dunia runtuh. Belum tentu karena motherboard koq. Jadi pengecekan lebih lanjut butuh dilakukan. Ahli motherboard memiliki alat untung mengecek. Biasanya yang di cek adalah komponen yang mungkin terbakar. Seperti Dioda, Resistor, Transistor maupun power chip.

Kerusakan Processor: 

Processor yang rusak dapat menyebabkan laptop tidak bisa menyala sama sekali. Biasanya terjadi karena laptopmu sering overheat. Alias kepanasaan. Kalau Laptop kamu selalu dibersih, kemungkinan karena processor rusak kecil.


Masalah Piranti Lunak (Software):

Sistem Operasi Rusak: 

Sistem operasi yang rusak atau corrupt dapat menyebabkan laptop tidak bisa booting. Ini yang paling sering. Kamu bisa bertanya ke team Voltera tentang masalah kenapa laptop tidak bisa menyala. Komunikasikan saja. Berikan Foto dan Video agar lebih jelas.

Driver yang Rusak:

Driver yang rusak atau tidak kompatibel dapat menyebabkan laptop tidak bisa booting atau menampilkan layar hitam. Nah, biasanya jadi bluescreen dan ada kodenya disana. Cepat-cepat fotokan jika laptop sempat menyala. Karena kemungkinan laptop kembali mati tetap tinggi.

Kesalahan Pengaturan BIOS: 

Pengaturan BIOS yang salah dapat menyebabkan laptop tidak bisa menyala. Ini jarang banget, soalnya kita jarang kotak katik BIOS. Tapi layak dicoba. Saya menemukan sebuah keadaan dimana laptop tidak bisa menyala. Semua terlihat sempurna tetapi masalahnya laptop ini tidak bisa masuk karena kesalahan firmware. Jadi ketika windows loading diawal, terjadi error karena ada processor yang tidak konsisten dalam membaca data. Ternyata firewarenya yang butuh di update.


Tips:

Coba langkah-langkah dasar: Periksa apakah kabel power sudah terpasang dengan benar, baterai terisi daya, dan adaptor tidak rusak. Ada loh udah pusing banget, masalah cuma gara-gara kepala kabelnya rusak.
Coba bersihkan laptop: Debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan overheating dan masalah lainnya.
Ini adalah beberapa pengalaman yang pernah dialami oleh team Voltera Computer. Semoga pengalaman ini bisa menjadi dasar dalam menganalisa kenapa laptop kamu tidak bisa menyala.


Kenapa Laptop Tidak Bisa Menyala

di dalam Blog Voltera
Masuk untuk meninggalkan komentar